Kamis, 29 Desember 2016

MACAM MACAM KOMPONEN ELEKTRONIKA DAN FUNGSINYA



MACAM MACAM KOMPONEN ELEKTRONIKA DAN FUNGSINYA
Komponen elektronika merupakan sebuah benda yang bekerja sesuai fungsinya yang dapat disusun menjadi rangkaian elektronika. Komponen elektronika bermacam macam jenis dan tipenya begitu juga dengan fungsinya seperti resistor, kapasitor,  dioda, transistor, iduktor dan laiannya yang akan kita bahas kali ini.
Jenis Jenis Komponen Elektronika
Berikut ini jenis jenis komponen elektronika dasar yang banyak dijumpai dirangkaian elektronika atau sering digunakan untuk membuat rangkaian elektronika. 


A.      RESISTOR
Resistor atau hambatan merupakan Komponen Elektronika Pasif yang berfungsi untuk menghambat dan mengatur arus listrik dalam suatu rangkaian Elektronika. Satuan Nilai Resistor atau Hambatan adalah Ohm (Ω). Nilai hambatan reistor atau sering disebut resistansi atau resistance dapat diketahui dengan membaca kode angka atau kode warna gelang yang terdapat pada bodi resistor.
Sebenarnya resistor berfungsi tidak hanya untuk menghambat arus saja diantaranya:
Sebagai pembagi arus atau tegangan dengan cara diparalel.
Sebagai fuse atau pembatas arus. Dan lainyan
Jenis jenis resistor
Berdasarkan fungsi utamanya resistor dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya
1.      Resistor nilai atau resistansinya tetap.
2.      Resistoryang  nilai atau resistansinya dapat diubah ubah sesuai dengan kebutuhan  atau disebut variable resistor diantaranya trimer potensio dan potensiometer.
3.      Resistor yang nilai atau resistansinya berubah karena intensitas cahaya atau LDR (light depending resistor)
4.      Resistor yang nilai atau resistansinya berubah karena suhu atau thermistor
(NTC/PTC)
Bentuk dan simbol resistor berdasarkan jenisnya




B.     Kapasitor atau kondensator
kapasitor atau kondensator merupakan komponen elektronika pasif yang berfungsi menyimpan muatan listrik dalam waktu tertentu bergantung jumlah kapasitansinya.
Kapasitor mempunyai nilai satuan berupa farad (F), nilai kapasitansinya dapat diketahui dari kode angka yang terdapat pada bodinya. Kapasitor dapat dibedakan berdasarkan jenisnya.
Selain menympan muatan listrik kapasitor berfungsi sebagai filter, penghilang riple pada power supply dan sebagainya





Jenis jenis kapasitor diantaranya
1.      Kapasitor non polar, kapasitor yang tidak memiliki kutub positif dan negatif
2.      Kapasitor elektrolit atau sering disebut elco merupakan kepasitor yang mempunyai kutup positif dan negatif
3.      Varable kapasitor atau kapasitor yang nilai kapasitansinya dapat diubah ubah. Komponen ini biasanya digunakan untuk tuning radio yang berfungsi untuk mencari gelombang atau frekuensi radio.
Bentuk dan simbol capasitor berdasarkan jenisnya

C. Induktor
Induktor merupakan komponen elektronika pasif yang berfungsi sebagai Pengatur Frekuensi, Filter dan juga sebagai alat kopel (Penyambung) induktor atau juga disebut coil atau kumparan memiliki satuan nilai henry (H). Induktor ini terbuat dari kawat atau tembaga  yang dilapisi isolator.
macam macam induktor
1. induktor inti ferit adalah jenis induktor yang memiliki inti dengan bahanferit berupa besi hitam
2. induktor inti besi
adalah jenis induktor yang memiliki inti dengan bahan besi
3. induktor inti udara
adalah jenis induktor yang tidak memiliki inti
4. induktor toroid merupakan induktor yang berbentuk lingkaran menyerupai donat
5. induktor variable merupakan induktor yang nilai induktansinya dapat diubah ubah
6. transformer (trafo) merupakan jenis induktor yang dapat memindahkan tegangan primer ke sekunder dengan jumlah tertentu





D. dioda
Dioda merupakan komponen elektronika aktif yang terbuat dari bahan dari bahan Silikon yang memiliki banyak jenis dengan masing masing fungsi. Pada umumnya dioda memiliki dua kaki yaitu anoda dan katoda.


Berdasarkan fungsinya dioda di bagi menjadi beberapa bagian diantaranya
1.      Dioda penyearah atau disebut juga dioda rectifier adalah jenis dioda yang terbuat dari bahan Silikon yang berfungsi sebagai penyearah tegangan / arus bolak-balik (ac) ke arus searah (dc). Simbol dioda penyearah atau dioda rectifier




2.      Dioda zener merupakan dioda junction P dan N yang terbuat dari bahan dasar silikon. Dioda ini pada umumnya berfungsi sebagai pembatas tegangan juga pensetabil tegangan, gambar untuk dioda zener


3.      Dioda emisi cahaya atau sering disebut dengan LED (LIGHT EMITTING DIODE) pada umumnya dioda ini dapat mengeluarkan cahaya monokromatik. Funsi dari LED berfariasi mulai dari indikator, hinga pengandeng rangkaian elektronik, bergabtung kebutuhan. Gambar untuk LED.





4     DIODA VARACTOR
Dioda Varactor disebut juga sebagai dioda kapasitas yang pada umumnya Dioda ini bekerja didaerah reverse. Bahan dasar pembuatan dioda varactor ini adalah silikon, dioda varaktor mempunyai nilai yang kapasitas yang berubah ubah sesuai tegangan masuk, semakin besar tegangan semakin kecil nilai kapasitasnya dan sebaliknya. Gambar untuk dioda varactor.



5.      DIODA SCHOTTKY (SCR)

DIODA SCR (Silicon Control Rectifier). Adalah Dioda yang mempunyai fungsi sebagai pengendali. SCR atau Tyristor masih termasuk keluarga semikonduktor  dioda ini memiliki kaki Anoda(A), Katoda(K), dan Gate(G). gambar untuk SCR




6.      Dioda cahaya (photo dioda)
Photo dioda merupakan dioda yang dapat menglirkan arus listrik apabila terkena cahaya, arus listrik yang mengalir bergantung dari intensitas cahaya semakin besar intensitas cahaya maka semakin besar arus yang mengalir. Photo dioda biasanya terbuat dari bahan germanium atau silikon. Gambar untuk photo dioda.


E. Transistor
Transistor adalah komponen elektronika aktif semikonduktor yang memiliki 3 kaki elektroda, yaitu Basis (Dasar), Kolektor (Pengumpul) dan Emitor (Pemancar). Komponen ini berfungsi sebagai penguat, pemutus dan penyambung (switching), stabilitasi tegangan, modulasi sinyal dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Selain itu, transistor juga dapat digunakan sebagai kran listrik sehingga dapat mengalirkan listrik dengan sangat akurat dan sumber listriknya. Transistor memiliki dua jenis yaitu PNP dan NPN.
Gambar untuk transistor






 
F. IC (Integrated Circuit).
Ic merupakan komponen elektronika aktif yang terdiri dari ratusan bahkan jutaan komponen yang dibuat menjadi rangkaian elektronika dalam bentuk kecil. Ic sendiri juga banyak macam dan jenisnya. Bentuknyapun berbeda beda. Funsi ic beraneka ragam mulai dari penguat, Switching, pengontrol hingga media penyimpanan. Pada umumnya, IC adalah Komponen Elektronika dipergunakan sebagai bahan utama atau otak  dalam sebuah Peralatan Elektronika. Macam macam ic
IC Linear
a.      IC Regulator
b.      IC Operational Amplifier (OP-AMP)
c.       IC Audio Amplifier dan sebagainya
IC DigitaL
1.      1. TTL (transistor transistor logic)
2.      CMOS (Complimentary Metal Oxide Semoconduktor)
Gambar dan simbol ic

" hidup mah harus penuh semangat, bermimpi bermimpi besar, berjiwa besar, dan sabar. dan capailah sukses yang kau inginkan"
http://anangpoernomo.blogspot.co.id


5 komentar: